Sunday, April 28, 2013

GUI (Graphical User Interface)


       A.  Apa itu GUI ?

Contoh GUI browser & Twitter SocialApp di Win8
GUI atau Dalam teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.


        B.   Kelebihan GUI

1.      Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim, karena user dihadapkan pada gambar, icon, symbol sehingga masing-masing fungsi gambar tersebut lebih mudah diingat
2.      Tidak perlu mengingat baris-baris perintah
3.      Tampilan menarik sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menggunakan, factor psikologi berberan besar dalam menimbulkan semangat dan minat untuk berinteraksi.
4.      Saat ini GUI sudah sering digunakan sehingga komponen yang sebenarnya membutuhkan spesifikasi lebih tinggi (dibanding CLI) akan menjadi tetap murah harganya.
5.      Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi dimungkinkan
6.      Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan

C.  Pengembangan Aplikasi GUI

GUI ini desain landasan (kerangka kerja) untuk pengembangan web sebagai konsep untuk berkembang. Kenyataan bahwa sistem operasi seperti Mavintosh dan jendela, memelopori penggunaan antarmuka user friendly, dengan lebih dari visual didukung oleh perangkat menunjuk dan keyboard seperti; meletakkan dasar untuk jendela Internet untuk tumbuh dengan arti yang sama dan signifikansi.


            Mengapa, antarmuka pengguna grafis? Sebagai manusia, kecenderungan untuk berkomunikasi atau koneksi yang lebih baik melalui visual pertama, faktor perhatian penangkapan tinggi, (untuk mempertahankan kepentingan pengguna) kedua, ada kemudahan penggunaan, sebagai visual pemogokan komunikasi langsung tentang apa yang mereka ingin menyampaikan, dan ketiga, visual tinggal di dalam memori-misalnya, Anda berhubungan lebih baik untuk sebuah merek bisnis melalui logo dari jargon lain yang mengucapkan kehadirannya.

     Graphical user interface dalam kombinasi visual berulir dengan fungsionalitas telah melampaui rekan karakter di pesat. Di sini, kebutuhan untuk mengingat dan mengetik perintah ini diganti, yang membuatnya sangat nyaman bagi pengguna untuk memiliki pengalaman yang nyaman dengan / mesin-nya. Kebutuhan untuk mengingat prosedur untuk memicu event (baik itu yang sederhana seperti membuka folder) tidak tetap.

Dengan GUI, Pengalaman pengguna di tingkatkan dan diperkaya ejaan keinginan yang lebih besar untuk antarmuka dengan system ~ ‘(Website, PC, Gadget) dalam operasi. Dan ini jelas menekan kembali peran vital dari GUI di web dan pengembangan aplikasi. Ketika dating untuk mengembangkan website skala besar, yang merupakan motor ~ sukses di internet-driven dunia sekarang ini, standard an parameter harus di definisikan dengan baik. Fungsi back-end, visual, pengguna-keramahan da nisi situs akan menenun menjadi satu substansi yang integral tunggal yang disebut “Pengalaman User”.
Mengembangkan sebuah aplikasi tentu memerlukan sebuah tools yaitu bahasa pemrograman.Terlebih membuat aplikasi GUI, kita perlu memilih tools yang akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi kita.Ada banyak library GUI yang tersedia Swing (Java), GTK (Python, PHP, C++), KDE (Python, C++), Tkinter (Python, Perl, Ruby), ann Qt (C++, Python).

    Aplikasi GUI ini dibuat untuk mengimplementasikan pembuatan garis dengan menggunakan algoritma naïve, depth duration area, dan midpoint. Aplikasi ini terdiri dari 4 text input untuk menerima masukkan koordinat awal dan akhir, sebuah option box untuk memilih algoritma apa yang akan dipakai dalam pembuatan garis, sebuah button untuk mengeksekusi pembuatan garis, canvas untuk memperlihatkan hasil penggambaran dan sebuah textfield untuk memperlihatkan waktu eksekusi penggambaran garis.


Referensi :


No comments:

Post a Comment