Thursday, April 25, 2013

Interface

Antarmuka pengguna (bahasa Inggris:user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan. Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi.
A.Tujuan Interface
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.

B. Perbandingan Interface Blogspot dan Wordpress
Secara umum Blogger (blogspot) dengan WordPress itu sama saja, keduanya sama-sama penyedia plaftform gratis. Tetapi banyak juga perbedaan keduanya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbandingan interface (antar muka) kedua blog tersebut antara lain:
1.    User Interface atau Kemudahan pengoperasian. Keduanya memiliki tata letak menu yang berbeda, keduanya juga mudah dioperasikan karena menyediakan layanan dalam bahasa Indonesia.
2.   Tampilan Preview Blog. Baik Blogspot maupun WordPress sama-sama bagus dan menarik.
3.  Tampilan Login. Untuk masuk ke Blogger maupun WordPress ada sedikit perbedaan. Untuk masuk ke admin Blogger memasukkan e-mail dan password, sedangkan untuk masuk ke WordPress bisa memasukkan e-mail atau username dan password.
4.  Tampilan Dashbor (halaman admin). Baik Blogger maupun WordPress memiliki menu yang hampir sama, tapi sajian tampilannya berbeda. 
5.  Fitur, Widget dan Tata Letak. Posisi menu sama yaitu di sebelah kiri sedangkan pengaturan widgetnya ada disebelah kiri. Bedanya kalau Blogger sudah muncul tata letaknya, sedangkan WordPress pengaturan widget disesuaikan dengan templet/tema yang dipilih. Fitur. Baik blogger maupun WordPress terdapat banyak fitur, tetapi blogger lebih menonjol dalam hal ini, karena blogger menyedian fitur pengeditan html, maka kita bisa menambah widget dari bloger maupun pihak ketiga yang akan mempercantik tampilan blog,  kita juga bisa juga menambah javascript. Sedangkan fitur pada WordPress sangat terbatas, kita idak bisa menambah widget dari pihak ketiga. Namun ini menguntungkan bagi pengunjung blog WordPress,  karena tidak berisi widget-widget, blog WordPress sangat ringan, jadi tidak membutuhkan waktu lama dalam loading halaman blog.
6.  Template. Blogger memberi fasilitas bagi penggunanya untuk berkreasi merubah template default, sehingga kita bisa merubah tampilan blog sesuai dengan keinginan kita. Bila kita kurang paham dengan kode HTML, banyak situs yang menyediakan template blogger gratis. Sedangkan WordPress tidak terdapat fitur tersebut, pengguna diharuskan memakai template-template yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Tetapi template yang disediakn cukup menarik sebagai tampilan blog kita. Semua tergantung dari pembuat blog itu sendiri.
7.   Statistik. Grafik dan data lengkap jumlah pengunjung blog. Pada keduanya terdapat fitur ini. Sehingga kita bisa melihat data pengunjung blog kita. Pada blogger lebih lengkap dengan menampilkan sumber lalu lintas/link, asal Negara pengunjung, jenis mesin pencari, dan jenis OSnya.
C.   Type – type Interface
Secara umum antarmuka dibagi menjadi 2 tipe yaitu CLI dan GUI.
a)   CLI (Command Line Interface)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan barisbaris tertentu.
Meskipun memiliki konsep yang sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
b)   GUI (Graphics User Interface)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus, walaupun komponen sistem operasi tidak hanya GUI saja. Jadi, penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Hal ini dikarenakan GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu. Setiap pengembang sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.

D.            Type – Type Interaksi
Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
1.     Direct manipulation – pengoperasian secara langsung :
interaksi langsung dengan objek pada layar.
2.    Menu selection – pilihan berbentuk menu : 
Memilih perintah dari daftar yang disediakan.
3.    Form fill-in – pengisian form :
Mengisi area-area pada form.
4.    Command language – perintah tertulis :
Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program.
5.    Natural language – perintah dengan bahasa alami :
Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.
Kesimpulannya Interface adalah sistem yang memungkinkan pengguna yaitu manusia untuk berinteraksi dengan komputer sehingga komputer dapat menjalankan proses input-output melalui antarmuka. Antarmuka terdapat 2 macam, berbasis teks (CLI) dan berbasis grafik (GUI).

Sumber :
-  Wikipedia Indonesia - https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna. Akses tanggal 21 April 2013.

-  Rion Permana - http://rionpermana.wordpress.com/perbedaan-cli-dan-gui/. Akses tanggal 21 April 2013.


-  Santosa, Insap. INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER Teori dan Praktek. Penerbit Andi. Yogyakarta : 1997.

No comments:

Post a Comment