Tuesday, November 5, 2013

Analisis Tugas Bahasa Indonesia (Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Luar Negeri)

Kebanyakan orang Indonesia yang pesimis akan negaranya mungkin akan merasa malu terhadap bahasa Indonesia (Bahasa Indonesia), mengira bahwa bahasa Indonesia (Bahasa Indonesia) hanya dipelajari dan digunakan di Indonesia, dan menganggap bahasa (Bahasa) Indonesia kalah menarik dibanding bahasa asing lain. mereka (Mereka [setelah titik huruf besar]) pasti akan terkejut bila mengetahui betapa populernya bahasa (Bahasa) Indonesia di dunia. benarkah (Benarkah) itu? Ternyata, bukan cuma Indonesia yang menerapkan pelajaran bahasa (Bahasa) Indonesia. saat (Saat) ini bahasa (B) Indonesia juga dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia. Beberapa(B) diantaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, dan Italia. hal(H) ini membuat bahasa(B) Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Perlu kita akui, Bahasa Indonesia memang semakin diminati warga dunia. di(D) Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. ada sekitar 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa(B) Indonesia disana (187 diantaranya berada di Australia Barat), dan biasanya Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. belum(B) lagi jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia(Indonesia), membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling intens mengembangkan bahasa(B) Indonesia. jadi(J) tak heran bila di Australia kita menemukan anak – anak SD yang bisa menyapa kita dengan sapaan khas orang(warga) Indonesia ‘Selamat pagi, apa kabar?’


Sementara itu di benua Afrika, Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa(B) Indonesia. di negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia itu baru saja dibangun Pusat Studi Indonesia. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.


Terbang jauh ke benua Eropa, ada Italia yang juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa(B) Indonesia. hal (Hal) ini dapat dilihat dari jumlah klub sepakbola(sepak bola) asal negara tersebut yang telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa tanah air yang disebut – sebut sebagai bahasa tersulit ke – 3 di Asia ini (tidak perlu pakai kata tersebut). Sejauh(S) ini ada tiga klub Italia yang memiliki situs dalam bahasa Indonesia yaitu Juventus, Intermilan, dan AC Milan. 

Di benua Asia kita menemukan Jepang yang terbilang sebagai negara yang juga intens mendalami bahasa Indonesia. di(D) negara matahari terbit ini telah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. anggota
(A) organisasi ini terdiri dari kalangan akademisi Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992
organisasi(O) ini mulai melakukan ujian kemampuan Bahasa Indonesia. Hingga kini tercatat lebih dari 12.500 peserta yang telah mengikuti tes kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai level atau tingkatan.



Selain itu, Vietnam juga merupakan negara yang menghargai bahasa(B) Indonesia. di(D) Vietnam, posisi bahasa(B) Indonesia sejajar dengan bahasa(B) Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Bahkan sejak akhir 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City menetapkan bahasa(B) Indonesia sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam, menempatkan Vietnam sebagai negara kedua setelah Indonesia yang menggunakan bahasa(B) Indonesia sebagai bahasa resmi.

Kepopuleran bahasa Indonesia pada skala internasional dapat juga dilihat dari berbagai situs terkemuka seperti Facebook dan WordPress. di Facebook, bahasa Indonesia berada di peringkat ke 5 bahasa yang paling populer digunakan. sementara itu di situs blogging WordPress, Bahasa Indonesia adalah bahasa terbesar ketiga setelah Inggris dan Spanyol. hal(H) ini membujuk beberapa situs terkenal lain untuk turut mengeluarkan situs mereka dalam bahasa Indonesia seperti Twitter dan Linkedin.

Jadi, sebagai warga Indonesia, kita harus mendalami Bahasa Indonesia, karena di luar negeri bahasa Indonesia cukup popular, berbanggalah selalu terhadap bahasa Indonesia karena melihat kenyataannya, bukan hanya mimpi bila suatu saat Bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa internasional.


No comments:

Post a Comment