Saturday, June 21, 2014

Ulasan Debat Capres-Cawapres 9 Juni 2014

Tema debat malam ini adalah pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih dan kepastian hukum. Debat pertama ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dilaksanakan tanggal 9 Juni 2014 dan disiarkan secara langsung (live) oleh stasiun-stasiun TV nasional. Debat digelar di Balai Sarbini, Jakarta pada pukul 20.00 WIB yang mempertemukan capres-cawapres no urut 1 yaitu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dengan capres-cawapres no urut 2 Joko Widodo dan Jusuf Kalla.



Melihat kedua belah pihak masing – masing memberikan pendapat mereka. Terlihat jelas bahwa kandidat nomer urut pertama memberikan jawaban secara menyeluruh dan tepat sesuai dengan tema debat tersebut, akan tetapi kandidat nomer urut dua tidak mengarah pada tema, melainkan ke topik lain.

Dalam debat ini saya melihat cawapres dari kandidat nomer urut dua lebih dominan berbicara dibanding capresnya,  terlihat lebih mendominasi dan menguasai materi serta memperlihatkan kemampuan berfikir yang jauh lebih intelek dibanding capresnya.

Ada perbedaan mendasar antara gaya kepemimpinan Prabowo dan Jokowi. Prabowo, terlihat  merupakan tipe leader sementara Jokowi  sebagai tipe manajerial. Terlihat bahwa Pak Prabowo berbicara di tataran makro dengan konsep-konsep, sementara Pak Jokowi dengan gayanya berbicara di tataran pelaksanaan. Pak Jokowi ini merupakan tipe manajer, dengan gayanya dia lebih people oriented dia seorang manajer. Ada gaya yang berbeda ketika masing-masing capres dihadapkan pada persoalan yang sama terutama dalam hal implementasi demokrasi.

Siapapun pemimpinnya nanti, semoga saja bisa membuat Indonesia jauh lebih baik lagi. Menurut saya seorang pemimpin Negara pun harus pandai berkomunikasi dan berbicara untuk media negosiasi nanti dengan pemimpin pemimpin Negara yang lainnya.

Hasil debat tentu saja dapat memengaruhi preferensi pemilih. Betapa tidak, sikap dan karakter serta penampilan para calon tersebut dapat terlihat dalam debat itu.


Jadi, menurut anda pasangan mana yang lebih baik untuk memimpin indonesia?  Tentukan dan gunakan hak pilih anda pada 9 Juli 2014


No comments:

Post a Comment